PSIKOLOGI PERKEMBANGAN

BAB I
PERTUMBUHAN DAN KEMUNDURAN

Psikologi perkembangan sebagai cabang ilmu psikologi menelaahpelbagai perubbahan intraindividual dan perubahan-perubahan interindividual yang terjadi dalam perubbahan intraindividual. Tugasnya seperti yyang dikatakan oleh La Bouvie, “tidak hanya mendeskripsikan tetapi juga menjelaskan atau mengeksplesikan perubahan-perubahan perilaku menurut tingkat usia sebagai masalah hubungan antesedan (gejala yang mendahului) dan konsekuensinya.
Beberapa psikolog perkembangan mempelajari perubahan dalam perkembangan yang mencakup seluruh rentang kehidupan dari pembuahan sampai akhir hayat. Dengan begitu, mereka berusaha menggambarkan dengan sempurna pertumbuhan dan kemunduran. Ahli-ahli lainnyahanya mempelajari salah satu bagian dari rentang kehidupan  masa kanak-kanak, masa dewasa atau usia lanjut.
Seperti kata Siegel “ Psikologi perkembangan mengkhususkan diri pada masalah usia dan tahapan-tahapan. Para penyelidik terdorong untuk mempelajari usia yang khas dan tertentu dimana terjadi berbagai tahapan perkembangan”.  Ada dua alasan utama mengapa terjadi perbedaan penekanan pada psikologi perkembangan. Pertama, penelitian terhadap periode tertentu dalam pola perkembangan sangat dipengaruhi oleh keinginan untuk memecahkan beberapa masalah praktis dan msalah-masalah yang bersangkutan dengan periode itu. Misalnya, riset mengenai usia pertengahan di kembangkan dari realisasi bahwa penyesuaian diri yang baik pada tahun-tahun kehidupa berikutnya sangat bergantung pada seberapa jauh seseorang dapat menyesuaikan diri, baik terhadap perubahan-perubahan fisik maupun psikologi yang biasanya terjadi pada usia pertengahan.
1.       1. Penampilan Diri
Perubahanperubahan yang meningkatkan penampilan diri seseorang akan diterima dengan senang hati, dan mengarah kepada sikap yang menyenangkan. Sedangkan perubahan-perbahan yang mengurangi penampilan diri akan ditolak, dan segala cara akan diusahakan untuk menutupinya. 
       2. Arti Perubahan dalam Perkembangan
Istilah perkembangan berarti serangkaian perubahan progresif yang terjadi sebagai akibat dari proses kematangan dan pengalaman. Seperti yang dikatakan oleh Van den Daele “Perkembangan berarti perubahan secara kualitatif”. Ini berarti bahwa perkembangan bukan hanya sekedar penambahan beberapa sentimeter  pada tinggi badan seseorang, melainkan suatu proses integrasi dari banyak struktur  dan fungsi yang kompleks.
Sebenarnya ada dua proses perkembangan yang terjadi secara bersamaan selama kehidupan, yaitu pertumbuhan atau evolusi dan kemunduran atau involusi. Keduanya mulai dari pembuahan dan berakhir dengan kematian. Dalam tahun-tahun pertama pertumbuhan berpaeran, sekalipun perubahan-perubahan yang bersifat kemunduran terjadi semenjak kehidupan janin. Pada bagian kehidupan selanjutnya, kemunduran yang berperan meskipun pertumbuhan tidak berhenti;  rambut terus tumbuh, dan sel-sel terus menerus berganti. Pada usia lanjut, beberapa bagian tubuh dan alam pikiran lebih banyak berubah dari pada yang lain.
0 Responses

Posting Komentar

TV GUE